Janin Memiliki Kuku Jari Tangan dan Kaki
 
Umurku 30 minggu sekarang. Panjangku 40cm - 41cm dan beratku 1,7kg – 1,8kg. Warna kulitnya berubah dari kemerahan menjadi merah muda. Tinggal 8 minggu lagi!
 
 
 
Minggu ini berat janin Ibu sekitar 1,7cm – 1,8kg dengan panjang total 40cm - 41cm. Pertumbuhannya yang pesat akan semakin mengambil ruang di rahim. Ibu akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 0,5 kg/minggu dan kebanyakan diserap oleh janin. Janin akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 1/3 – ½ dari berat totalnya ketika dilahirkan selama 7 minggu ke depan. Janin saat ini memiliki kuku jari tangan dan kaki serta rambut. Kulitnya semakin lembut dan kerutan di kulitnya akan menghilang menjelang masa persalinan. Sistim kekebalan tubuh janin mulai terbentuk dan akan semakin diperkuat dengan asupan ASI ketika lahir nanti.
 

{batas}

 

Sepuluh persen dari bayi dilahirkan sebelum minggu ke-37. Jadi apabila saat ini bayi dilahirkan prematur, maka mereka memiliki kesempatan untuk hidup cukup besar. Organ utama yang belum berkembang sempurna adalah paru-paru.
 
 
Ibu:
 
Rahim Ibu berada sekitar 12cm diatas pusar dan 32cm diatas simfisis pubis. Volume darah Ibu akan meningkat sekitar 30% – 50% di akhir kehamilan. Karena hal itulah terkadang terjadi pembengkakan pada tubuh yang normal terjadi selama kehamilan. Cairan ekstra ini akan masuk ke dalam jaringan tubuh Ibu. Saat rahim Ibu yang membesar menekah pembuluh vena yang berada di pelvis (panggul), darah yang berasal dari bagian bawah tubuh diblokir dan akhirnya cairan masuk ke dalam kaki Ibu. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan, sepatu terasa sempit, dan terkadang cincin maupun arloji juga terasa ketat di tangan. Apabila terjadi pembengkakan maka lepaskan semua benda yang dapat menghambat sirkulasi (cincin, arloji), jangan pakai pakaian yang ketat), dan hindari duduk dengan menyilangkan kaki Ibu.
 
Selama kunjungan prenatal, dokter akan memonitor tekanan darah, urin (air seni), pembengkakan yang terjadi, dan tanda-tanda penyakit lain seperti eklampsia atau IUGR. Beritahukanlah ke dokter Ibu keluhan apa saja yang Ibu alami dan perubahan sekecil apapun agar dapat dianalisa dengan baik.
 
 
Tips: Mengatasi Problem Sulit Tidur
 
Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama

Berbaring dengan posisi miring, bantal diantara kedua kaki dan bantal menyangga perut

Jangan terlalu banyak minum di waktu malam atau Ibu akan bolak-balik ke toilet sepanjang malam
Hindari kafein sejak sore hari
Berolahraga teratur
Tidur di ruangan yang nyaman
Apabila Ibu mengalami heartburn, tidurlah dengan bantal yang sedikit ditinggikan
 

Sumber: https://www.klikdokter.com/healthtools/kalenderkehamilan/minggu-ketiga-puluh-dua

QUICK LINKS

Follow Us:


 
Instagram

Hak Cipta © 2015 RS Bunda Palembang